Selamat datang siswa/i SMK Negeri 1 Setu
Wilujeng Sumping

Rabu, 18 November 2020

Materi IPA Terapan 19 November 2020

 

Assalamu'alaikum. wr.wb.

Selamat pagi siswa/i SMKN 1 Setu. 

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat.

Sebelum memulai PJJ hari ini (Kamis, 19 November 2020), silahkan berdo'a terlebih dahulu dan mengisi absensi pada link berikut ini.  

ABSEN PJJ IPA


Hari ini Ibu akan membahas materi tentang Larutan. 

Larutan

Larutan adalah campuran homogen yang terdiri dari dua atau lebih zat. 

Dalam sebuah larutan terdapat zat pelarut dan zat terlarut. Zat terlarut (solute) adalah zat penyusun larutan yang mempunyai jumlah lebih sedikit dalam sebuah larutan. Sedangkan zat pelarut (solvent) adalah zat yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan zat terlarut.

Komposisi zat terlaut dalam larutan dinyatakan dengan konsentrasi larutan. Sedangkan proses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan. 

Untuk lebih memahami mengenai larutan, perhatikan gambar ilustrasi berikut.

larutan adalah

Terdapat sebuah solute dan solvent. Ketika kedua bahan tersebut dicampur dan menyatu dalam wadah maka jadilah larutan.

Berdasarkan kepolarannya, pelarut dibedakan menjadi pelarut polar dan non polar. Umumnya pelarut polar akan melarutkan senyawa polar. Sebaliknya pelarut non polar akan melarutkan senyawa non polar. Keadaan ini sering disebut dengan istilah like dissolves like. 

Air merupakan salahsatu jenis pelarut polar. Air dapat melarutkan alkohol,tetapi tidak dapat melarutkan minyak. Hal ini karena adanya perbedaan kepolaran antara air dan minyak. Alkohol merupakan senyawa polar,sedangkan minyak merupakan senyawa non polar. Molekul air tersususun dari 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen. Atom Oksigen bersifat lebih elektronegatif dibandingkan atom Hidrogen. Akibatnya , dalam ikatan, elektron akan cenderung tertarik ke arah atom Oksigen dan membentuk polarisasi (pengkutuban). Atom Oksigen akan membentuk muatan negatif (dipol negatif) sedangkan atom Hidrogen akan membentuk muatan positif (dipol positif). Karena dapat membentuk polarisasi, air bersifat melarutkan senyawa polar, baik senyawa kovalen polar maupun senyawa ionik.

Selain air, berikut ini ada beberapa contoh pelarut dan kegunaannya.



Silakan pelajari materi tersebut, kemudian catat di buku kalian masing-masing.

Terima kasih


0 komentar:

Posting Komentar